Rabu, 21 Mei 2014

Penangan Muatan

1. Terangkan artinya istilah muatan
    berikut ini :
    a. OPTIONAL CARGO
    b. DELICATE CARGO
    c. HEAVY LIFT CARGO
 Jawab :
    a. Optional Cargo adalah :  Muatan 
        yg memiliki lebih dari     satu 
        pelabuhan bongkar & menunggu 
        keputusan   shipper.
    b. Delicate Cargo adalah : Muatan yg
        peka terhadap bau2an.                                          
    c. Heavy Lift Cargo adalah :
        Muatan yg beratnya melebihi
        Kemempuan daya angkat
        Boom kapal.
    d. Long hatch adalah keterlambatan muat
        bongkar ,karena terlambat di salah satu
        palka

2. a. Apa yg dimaksud TEU pada   
        pemuatan kontainer
    b. Jelaskan cara memberi nomor  pada
        kontainer
Jawab :
    a. TEU ( Twenty Feet Equivalent Unit)
        adalah unit  padanan  peti kemas
        ukuran 20 kaki.
    b.  Bay  adalah tanda nomor membujur
         mulai dr depan  ke blkg dgn catatan no
         ganjil untuk cont. 20 kaki,  genap untuk
         cont. 40 kaki.  bay dihitung dari haluan
         dilihat dari lambung kiri. 

3. a. Terangkan apa yg dimaksud ruang
         rugi (broken  Stowage).
    b. Sebutkan penyebab terjadinya over  
        stowage.
Jawab :
    a. Broken stowage adalah prosentase
        ruang palka  yg tidak dapat diisi oleh
        muatan karena dari bentuk dan jenis
        dari muatan tsb.
    b. 1. Tidak melaksanakan perencanaan
            muat yg baik
        2. Tidak adanya pengawasan pd waktu
            Pelaksanaan   Pemuatan.
        3. Penggunaan dunage yg yg tidak
            efisien.
        4. penggunaan ruang muat tdk
            disesuaikan dgn bentuk  Muatan.

4. 5 Prinsip pemuatan :
1. Melindungi ABK & buruh.
   - agar mereka selamat dlm melaksanakan kegiatan dengan menggunakan alat keselamatan kerja secara benar.
2. Melindungi kapal.
   - agar kapal tetap selamat selama muat bongkar maupun dalam pelayaran, misalnya menjaga stabilitas kapal.
3. Melindungi muatan.
   - Pada waktu muat, bongkar & selama dlm pelay   muatan hrs ditangani secara baik utk mencegah kerusakan muatan.
4. Muat & bongkar scr cepat & sistematis
- Adanya rencana pemuatan & bongkar (stowage plan) menggunakan ruang muat semaksimal mungkin.
5. Penggunaan ruang muat semaksimal mungkin.
   - Dalam melakukan pemuatan hrs diusahakan agar semua Ruang terisi penuh oleh muatan/kpl dpt muat sampai max.

5. a. Hatch List adalah sebuah daftar barang2 yg berada di dalam setiap palka.
     b. Bay plan adalah Bagan pemuatan
         container secara membujur, melintang & tegak.
     c. Faktor-faktor apakah yang untuk 
          membuat stowage plan itu ?
-       Berat dan jenis muatan
-       Pelabuhan bongkar ntuk masing-masing muatan,serta pelabuhan muat
-       Bentuk muatan dan jumlahnya.
      d. Stowage plan adalah suatu bagan
           kpl. dimana muatan ditempatkan,
           dilengkapi data tujuan, jumlah, berat
           muatan serta pelabuhan muatnya  
           masing2.
     e. Tentative stowage plan adalah
            rencana awal pemuatan yg
            sifatnya apabila terjadi
            perubahan muatan masih bisa
            dilakukan.
       f. Final stowage plan adalah rencana
          pemuatan akhir

6.  a. Keuntungan & kerugian Peti Kemas
 Keuntungan :              
      -  Muat bongkar dapat dilakukan  dgn     
         Cepat
-       Kerusakan barang-barang yang diangkut dapat ditekan sekecil mungkin
-       Kehilangan(pencurian) dapat ditekan sekecil mengkin.
-       Pengawasan barang(control)baik ole pemilik barang (owner), pengirim barang (shipper),maupun penerima barang (consignee) lebih mudah.
          Kerugian :   
          - Pengoperasian lebih mahal
          - Harus ditangani tenaga ahli
            (profesional)
          - Memerlukan penanganan khusus
     b. Syarat Container menurut ISO :
       -  mengenai ukuran2 & berat bruto suatu    container, meliputi code, tinggi, lebar, panjang & berat max container bserta cargo.
      - Mengenai sarana pengangkutan nya dgn metode kunci putar (twist lock) yg dipasangkan pada sudut2nya untuk kepentingan mengangkat.
      - mengenai pemberian merkah2nya meliputi nomer kode, nomor seri , tanda pemilik, berat max pada tempat tertentu yg mudah dikenal.
      - Container hrs dpt disusun sebanyak 6 susun dlm keadaan full load tanpa perubahan2 berarti.

FCL/FCL (Full Container Load)
Adalah : container yang berisi muatan milik satu shipper
LCL/LCL (Less than Container Load)
Adalah : container yang berisi muatan milik beberapa shipper

7.  9 class muatan berbahaya sesuai  
      solas 1974
-         Eksplosive (bahan peledak)
-         Gas yg dimampatkan.
-         Inflamable liquid (cairan yang mudah menyala)
-         Inflamable solid or substances (benda padat yg mudah menyala)
-         Oxodixing substances (zat yg mengandung zat asam)
-         Poisonous (toxic) substances ( zat yg beracun).
-         Radio Aktif substances (zat radio aktif berbahaya).
-         Zat corrosive = zat bahan penyebab karat.
-         Semua zat yg berdasarkan pengalaman memiliki sifat berbahaya, misal : calcium, oxida, aluminium nitrad, pupuk organik.

Maksud dari segregation table :
Dengan memisahkan muatan dari Pelb. bongkar yg berbeda dng menggunakan jaring (net) yg tipis tetapi cukup kuat, sehingga jelas bagi yg membongkar akan terhenti pada waktu akan melampaui jaring pemisah tsb.

Cara agar muat bongkar di kpl dpt dilaksanakan secara cepat & sistimatis : 

Sebelum kpl tiba di pelb. pertama di suatu Negara, hrs sdh tersedia rencana pemuatan & pembongka- ran (stowage plan), dicegah terja- dinya Long hatch, over stowage & over carriage.

8.Jenis muatan ditinjau dari sifat/mutunya
-         Muatan basah
-         Muatan bersih
-         Muatan berbau
-         Muatan kering
-         Muatan berbahaya
-         Muatan peka
Yg dimaksud dng melindungi muatan dalam prinsip memuat :
Bahwa pihak kapal (carrier) bertanggung jawab keselamatan dan keutuhan muatan sejak muatan itu dimuat sampai muatan itu dibongkar.

9. Jelaskan bagaimana mengatur   
    peranginan palka ini ?
-       Berikan ventilasi jika kelembaman udara didalam ruangan palka lebih besar dari kelembaman udara luar.
-       Berikan ventilasi jika titik embun udara didalam ruang palka lebih tinggi dari titi embun udara luar
-       Hindarkan ventilasi jika kelembaban udara diruang polka lebih kecil dari kelembaban udara luar
-       Hindarkan ventilasi jika titik embun udara diruang palka lebih rendah dari titik embun udara luar
a.     Terangkan hubungan kelembaman udara palka (Relative humidity) dengan peranginan palka?
       Bahwa air yang timbul didalalam ruang
       palka karena udara dalam ruang polka
      sudah jenuh, yang ahirnya timbul
       kondensasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar