1. Terangkan artinya istilah muatan
berikut ini :
a. OPTIONAL CARGO
b. DELICATE CARGO
c. HEAVY LIFT CARGO
Jawab :
a. Optional Cargo adalah : Muatan
yg memiliki lebih dari satu
pelabuhan bongkar & menunggu
keputusan shipper.
b. Delicate Cargo adalah : Muatan yg
peka terhadap bau2an.
c. Heavy Lift Cargo adalah :
Muatan yg beratnya melebihi
Kemempuan daya angkat
Boom kapal.
d. Long hatch adalah keterlambatan muat
bongkar ,karena terlambat di salah satu
palka
2. a. Apa yg dimaksud TEU pada
pemuatan kontainer
b. Jelaskan cara memberi nomor pada
kontainer
Jawab :
a. TEU ( Twenty Feet Equivalent Unit)
adalah unit padanan peti kemas
ukuran 20 kaki.
b. Bay adalah tanda nomor membujur
mulai dr depan ke blkg dgn catatan no
ganjil untuk cont. 20 kaki, genap untuk
cont. 40 kaki. bay dihitung dari haluan
dilihat dari lambung kiri.
3. a. Terangkan apa yg dimaksud ruang
rugi (broken Stowage).
b. Sebutkan penyebab terjadinya over
stowage.
Jawab :
a. Broken stowage adalah prosentase
ruang palka yg tidak dapat diisi oleh
muatan karena dari bentuk dan jenis
dari muatan tsb.
b. 1. Tidak melaksanakan perencanaan
muat yg baik
2. Tidak adanya pengawasan pd waktu
Pelaksanaan Pemuatan.
3. Penggunaan dunage yg yg tidak
efisien.
4. penggunaan ruang muat tdk
disesuaikan dgn bentuk Muatan.
4. 5 Prinsip pemuatan :
1. Melindungi ABK & buruh.
- agar mereka selamat dlm melaksanakan kegiatan dengan menggunakan alat keselamatan kerja secara benar.
2. Melindungi kapal.
- agar kapal tetap selamat selama muat bongkar maupun dalam pelayaran, misalnya menjaga stabilitas kapal.
3. Melindungi muatan.
- Pada waktu muat, bongkar & selama dlm pelay muatan hrs ditangani secara baik utk mencegah kerusakan muatan.
4. Muat & bongkar scr cepat & sistematis
- Adanya rencana pemuatan & bongkar (stowage plan) menggunakan ruang muat semaksimal mungkin.
5. Penggunaan ruang muat semaksimal mungkin.
- Dalam melakukan pemuatan hrs diusahakan agar semua Ruang terisi penuh oleh muatan/kpl dpt muat sampai max.
5. a. Hatch List adalah sebuah daftar barang2 yg berada di dalam setiap palka.
b. Bay plan adalah Bagan pemuatan
container secara membujur, melintang & tegak.
c. Faktor-faktor apakah yang untuk
membuat stowage plan itu ?
- Berat dan jenis muatan
- Pelabuhan bongkar ntuk masing-masing muatan,serta pelabuhan muat
- Bentuk muatan dan jumlahnya.
d. Stowage plan adalah suatu bagan
kpl. dimana muatan ditempatkan,
dilengkapi data tujuan, jumlah, berat
muatan serta pelabuhan muatnya
masing2.
e. Tentative stowage plan adalah
rencana awal pemuatan yg
sifatnya apabila terjadi
perubahan muatan masih bisa
dilakukan.
f. Final stowage plan adalah rencana
pemuatan akhir
6. a. Keuntungan & kerugian Peti Kemas
Keuntungan :
- Muat bongkar dapat dilakukan dgn
Cepat
- Kerusakan barang-barang yang diangkut dapat ditekan sekecil mungkin
- Kehilangan(pencurian) dapat ditekan sekecil mengkin.
- Pengawasan barang(control)baik ole pemilik barang (owner), pengirim barang (shipper),maupun penerima barang (consignee) lebih mudah.
Kerugian :
- Pengoperasian lebih mahal
- Harus ditangani tenaga ahli
(profesional)
- Memerlukan penanganan khusus
b. Syarat Container menurut ISO :
- mengenai ukuran2 & berat bruto suatu container, meliputi code, tinggi, lebar, panjang & berat max container bserta cargo.
- Mengenai sarana pengangkutan nya dgn metode kunci putar (twist lock) yg dipasangkan pada sudut2nya untuk kepentingan mengangkat.
- mengenai pemberian merkah2nya meliputi nomer kode, nomor seri , tanda pemilik, berat max pada tempat tertentu yg mudah dikenal.
- Container hrs dpt disusun sebanyak 6 susun dlm keadaan full load tanpa perubahan2 berarti.
FCL/FCL (Full Container Load)
Adalah : container yang berisi muatan milik satu shipper
LCL/LCL (Less than Container Load)
Adalah : container yang berisi muatan milik beberapa shipper
7. 9 class muatan berbahaya sesuai
solas 1974
- Eksplosive (bahan peledak)
- Gas yg dimampatkan.
- Inflamable liquid (cairan yang mudah menyala)
- Inflamable solid or substances (benda padat yg mudah menyala)
- Oxodixing substances (zat yg mengandung zat asam)
- Poisonous (toxic) substances ( zat yg beracun).
- Radio Aktif substances (zat radio aktif berbahaya).
- Zat corrosive = zat bahan penyebab karat.
- Semua zat yg berdasarkan pengalaman memiliki sifat berbahaya, misal : calcium, oxida, aluminium nitrad, pupuk organik.
Maksud dari segregation table :
Dengan memisahkan muatan dari Pelb. bongkar yg berbeda dng menggunakan jaring (net) yg tipis tetapi cukup kuat, sehingga jelas bagi yg membongkar akan terhenti pada waktu akan melampaui jaring pemisah tsb.
Cara agar muat bongkar di kpl dpt dilaksanakan secara cepat & sistimatis :
Sebelum kpl tiba di pelb. pertama di suatu Negara, hrs sdh tersedia rencana pemuatan & pembongka- ran (stowage plan), dicegah terja- dinya Long hatch, over stowage & over carriage.
8.Jenis muatan ditinjau dari sifat/mutunya
- Muatan basah
- Muatan bersih
- Muatan berbau
- Muatan kering
- Muatan berbahaya
- Muatan peka
Yg dimaksud dng melindungi muatan dalam prinsip memuat :
Bahwa pihak kapal (carrier) bertanggung jawab keselamatan dan keutuhan muatan sejak muatan itu dimuat sampai muatan itu dibongkar.
9. Jelaskan bagaimana mengatur
peranginan palka ini ?
- Berikan ventilasi jika kelembaman udara didalam ruangan palka lebih besar dari kelembaman udara luar.
- Berikan ventilasi jika titik embun udara didalam ruang palka lebih tinggi dari titi embun udara luar
- Hindarkan ventilasi jika kelembaban udara diruang polka lebih kecil dari kelembaban udara luar
- Hindarkan ventilasi jika titik embun udara diruang palka lebih rendah dari titik embun udara luar
a. Terangkan hubungan kelembaman udara palka (Relative humidity) dengan peranginan palka?
Bahwa air yang timbul didalalam ruang
palka karena udara dalam ruang polka
sudah jenuh, yang ahirnya timbul
kondensasi
berikut ini :
a. OPTIONAL CARGO
b. DELICATE CARGO
c. HEAVY LIFT CARGO
Jawab :
a. Optional Cargo adalah : Muatan
yg memiliki lebih dari satu
pelabuhan bongkar & menunggu
keputusan shipper.
b. Delicate Cargo adalah : Muatan yg
peka terhadap bau2an.
c. Heavy Lift Cargo adalah :
Muatan yg beratnya melebihi
Kemempuan daya angkat
Boom kapal.
d. Long hatch adalah keterlambatan muat
bongkar ,karena terlambat di salah satu
palka
2. a. Apa yg dimaksud TEU pada
pemuatan kontainer
b. Jelaskan cara memberi nomor pada
kontainer
Jawab :
a. TEU ( Twenty Feet Equivalent Unit)
adalah unit padanan peti kemas
ukuran 20 kaki.
b. Bay adalah tanda nomor membujur
mulai dr depan ke blkg dgn catatan no
ganjil untuk cont. 20 kaki, genap untuk
cont. 40 kaki. bay dihitung dari haluan
dilihat dari lambung kiri.
3. a. Terangkan apa yg dimaksud ruang
rugi (broken Stowage).
b. Sebutkan penyebab terjadinya over
stowage.
Jawab :
a. Broken stowage adalah prosentase
ruang palka yg tidak dapat diisi oleh
muatan karena dari bentuk dan jenis
dari muatan tsb.
b. 1. Tidak melaksanakan perencanaan
muat yg baik
2. Tidak adanya pengawasan pd waktu
Pelaksanaan Pemuatan.
3. Penggunaan dunage yg yg tidak
efisien.
4. penggunaan ruang muat tdk
disesuaikan dgn bentuk Muatan.
4. 5 Prinsip pemuatan :
1. Melindungi ABK & buruh.
- agar mereka selamat dlm melaksanakan kegiatan dengan menggunakan alat keselamatan kerja secara benar.
2. Melindungi kapal.
- agar kapal tetap selamat selama muat bongkar maupun dalam pelayaran, misalnya menjaga stabilitas kapal.
3. Melindungi muatan.
- Pada waktu muat, bongkar & selama dlm pelay muatan hrs ditangani secara baik utk mencegah kerusakan muatan.
4. Muat & bongkar scr cepat & sistematis
- Adanya rencana pemuatan & bongkar (stowage plan) menggunakan ruang muat semaksimal mungkin.
5. Penggunaan ruang muat semaksimal mungkin.
- Dalam melakukan pemuatan hrs diusahakan agar semua Ruang terisi penuh oleh muatan/kpl dpt muat sampai max.
5. a. Hatch List adalah sebuah daftar barang2 yg berada di dalam setiap palka.
b. Bay plan adalah Bagan pemuatan
container secara membujur, melintang & tegak.
c. Faktor-faktor apakah yang untuk
membuat stowage plan itu ?
- Berat dan jenis muatan
- Pelabuhan bongkar ntuk masing-masing muatan,serta pelabuhan muat
- Bentuk muatan dan jumlahnya.
d. Stowage plan adalah suatu bagan
kpl. dimana muatan ditempatkan,
dilengkapi data tujuan, jumlah, berat
muatan serta pelabuhan muatnya
masing2.
e. Tentative stowage plan adalah
rencana awal pemuatan yg
sifatnya apabila terjadi
perubahan muatan masih bisa
dilakukan.
f. Final stowage plan adalah rencana
pemuatan akhir
6. a. Keuntungan & kerugian Peti Kemas
Keuntungan :
- Muat bongkar dapat dilakukan dgn
Cepat
- Kerusakan barang-barang yang diangkut dapat ditekan sekecil mungkin
- Kehilangan(pencurian) dapat ditekan sekecil mengkin.
- Pengawasan barang(control)baik ole pemilik barang (owner), pengirim barang (shipper),maupun penerima barang (consignee) lebih mudah.
Kerugian :
- Pengoperasian lebih mahal
- Harus ditangani tenaga ahli
(profesional)
- Memerlukan penanganan khusus
b. Syarat Container menurut ISO :
- mengenai ukuran2 & berat bruto suatu container, meliputi code, tinggi, lebar, panjang & berat max container bserta cargo.
- Mengenai sarana pengangkutan nya dgn metode kunci putar (twist lock) yg dipasangkan pada sudut2nya untuk kepentingan mengangkat.
- mengenai pemberian merkah2nya meliputi nomer kode, nomor seri , tanda pemilik, berat max pada tempat tertentu yg mudah dikenal.
- Container hrs dpt disusun sebanyak 6 susun dlm keadaan full load tanpa perubahan2 berarti.
FCL/FCL (Full Container Load)
Adalah : container yang berisi muatan milik satu shipper
LCL/LCL (Less than Container Load)
Adalah : container yang berisi muatan milik beberapa shipper
7. 9 class muatan berbahaya sesuai
solas 1974
- Eksplosive (bahan peledak)
- Gas yg dimampatkan.
- Inflamable liquid (cairan yang mudah menyala)
- Inflamable solid or substances (benda padat yg mudah menyala)
- Oxodixing substances (zat yg mengandung zat asam)
- Poisonous (toxic) substances ( zat yg beracun).
- Radio Aktif substances (zat radio aktif berbahaya).
- Zat corrosive = zat bahan penyebab karat.
- Semua zat yg berdasarkan pengalaman memiliki sifat berbahaya, misal : calcium, oxida, aluminium nitrad, pupuk organik.
Maksud dari segregation table :
Dengan memisahkan muatan dari Pelb. bongkar yg berbeda dng menggunakan jaring (net) yg tipis tetapi cukup kuat, sehingga jelas bagi yg membongkar akan terhenti pada waktu akan melampaui jaring pemisah tsb.
Cara agar muat bongkar di kpl dpt dilaksanakan secara cepat & sistimatis :
Sebelum kpl tiba di pelb. pertama di suatu Negara, hrs sdh tersedia rencana pemuatan & pembongka- ran (stowage plan), dicegah terja- dinya Long hatch, over stowage & over carriage.
8.Jenis muatan ditinjau dari sifat/mutunya
- Muatan basah
- Muatan bersih
- Muatan berbau
- Muatan kering
- Muatan berbahaya
- Muatan peka
Yg dimaksud dng melindungi muatan dalam prinsip memuat :
Bahwa pihak kapal (carrier) bertanggung jawab keselamatan dan keutuhan muatan sejak muatan itu dimuat sampai muatan itu dibongkar.
9. Jelaskan bagaimana mengatur
peranginan palka ini ?
- Berikan ventilasi jika kelembaman udara didalam ruangan palka lebih besar dari kelembaman udara luar.
- Berikan ventilasi jika titik embun udara didalam ruang palka lebih tinggi dari titi embun udara luar
- Hindarkan ventilasi jika kelembaban udara diruang polka lebih kecil dari kelembaban udara luar
- Hindarkan ventilasi jika titik embun udara diruang palka lebih rendah dari titik embun udara luar
a. Terangkan hubungan kelembaman udara palka (Relative humidity) dengan peranginan palka?
Bahwa air yang timbul didalalam ruang
palka karena udara dalam ruang polka
sudah jenuh, yang ahirnya timbul
kondensasi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar