Rabu, 21 Mei 2014

Kontruksi Bangunan Kapal

Kontruksi Bangunan Kapal

 KONSTRUKSI HALUAN KAPAL haluan kapal adalah bagian depan kapal yang paling besar mendapat tekanan dan tegangan dari luar karena gerakan kapal yang menerjang ombak, konstruksi haluan kapal di buat untuk mengurangi tahanan kapal (ship resistance) pada saat kapal memecah ombak pada saat berlayar. konstruksi haluan kapal harus memenuhi persyaratan yang berlaku, adapun persyaratan dari konstruksi haluan kapal yaitu sebagai berikut :

 Jenis gading gading kapal
1.gading haluan
2.gading buritan
3.gading simpul

PENGERTIAN TONASE :Kapal ialah sebuah benda terapung yang digunakan untuk sarana pengangkutan di atas air.Besar kecilnya kapal dinyatakan dalam ukuran memanjang, membujur, melebar, melintang, tegak, dalam dan ukuran isi maupun berat.Guna dari ukuran – ukuran ini untuk mengetahui besar kecilnya sebuah kapal, besar kecilnya daya angkut kapal tersebut dan besarnya bea yang akan dikeluarkan.

TONASE SEBUAH KAPAL DAPAT DIPERINCI Sbb :
1. Isi kotor ( Gross Tonnage) GT2. Isi kotor besarnya tertera di sertifikat kapal itu, Isi kotor merupakan jumlah
3. Isi ruangan di bawah geladak ukur atau geladak tonase
4. Isi ruangan / tempat – tempat antara geladak kedua dan geladak atas
5. Isi ruangan – ruangan yang tertutup secara permanen pada geladak atas atau geladak di atasnya
6. Isi dari ambang palka (1/2 % dari BRT kapal )
7. Isi atau volume ruangan di bawah geladak ukur mengandung pengertian volume dari ruangan - ruangan yang dibatasi oleh :
8. Disebelah atas oleh geladak jalan terus paling atas
9. Di sebelah bawah oleh bagian atas dari lajur dasar dalam.
10. Di sebelah samping oleh bagian sebelah dalam gading – gading.

PLIMSOLL MARK
Ialah Sebuah tanda pada kedua lambung kapal untuk membatasi sarat maksimum. Tanda ini dibuat dengan maksud agar setiap kapal membatasi berat muatan yang diangkutnya sesuai dengan jenis kapal dan musim yang berlaku di tempat dimana kapal tersebut berlayar

Singkatan di markah kambangan
lambung timbul kapal/Merkah Kambangan/Plimsol Mark
S = Musim panas
W  = Musim Dingin
WNA  = Musim Dingin Atlantik Utara
T = Daerah Tropis
FW = Daerah Air Tawar
TFW = Daerah Air Tawar di tempat Tropis

BENTUK2 BURITAN
1.buritan counter
2.buritan cruiser spoon 1
3.buritan cruiser spoon 2
4.buritan ful cruiser

Tangki dasar berganda (doubel bottom tank)kegunaanya;

1.bila kapal kandas ,masih ada dasar yang kedap air.
2.sebagai ruang muat cair,air tawar ,bahan bakarballast dan lainya.
3.dengan air balas dapat membantu stabilitasd dan baling baling kapal.
4.menambah kekuatan melintang kapal

Macam-macam bentuk haluan
1.Haluan lurus ( Plumb Bow )
2,Haluan miring 1 ( Raked Bow )
3.haluan miring 2 ( Raked Bow II )
4.haluan gunting ( Clipper Bow )
5.haluan senduk ( Spoon Bow )
6.Haluan meier ( Meier From )
7.haluan pemecah es ( Ice Breaker Bow )
8.haluan barundi ( Bulbous )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar